• Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Sempurna ?

    Reporter: IKAN CUPANG HIAS BANDUNG
    Published: Wednesday, April 13, 2016
    A- A+
    Jika kita bermain dengan kata "Sempurna" pasti akan di sangkut pautkan dengan kalimat "Tidak ada yang sempurna didunia ini, kecuali Tuhan semata". Itu memang, tapi sebagai seorang manusia kita harus selalu berusaha untuk membuat sesuatu yang sempurna / dalam menulis artikel tidak ada celah untuk ditanyakan mengenai artikel tersebut.


    Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Sempurna ?

    Dengan jutaan blog di luar sana, mendapatkan beberapa pengunjung organik sangat tergantung pada kualitas artikel yang ada di blog sobat. Kualitas tidak hanya berarti konten unik atau artikel berdasarkan pengalaman. Kualitas artikel tergantung pada seberapa baik gaya tulisan sobat dan apakah artikel itu berguna bagi para pembaca. Jika sobat menulis artikel secara baik dan menarik, para pembaca akan mencintai blog sobat dan tidak sabar untuk menantikan artikel selanjutnya.

    Sayangnya saat ini, banyak orang menyebut blogging hanya untuk menghasilkan uang. Jadi untuk itu, sebagian besar blogger hanya mencuri artikel blog lain atau lebih tepatnya menulis ulang. Jika sobat salah satu di antara blogger ini, jangan tanya mengapa sobat belum sukses!

    Atau, jika sobat seorang blogger yang berdedikasi terhadap blogging, dan sedang berjuang untuk menyediakan konten berkualitas kepada pembaca tapi belum mendapatkan kesuksesan dalam blogging, mungkin artikel tersebut semata-mata untuk mesin pencari!


    Berikut ini cara untuk menjadikan artikel sempurna :


    1 - Cari Judul Artikel Yang Populer.

    Memilih judul konten adalah hal pertama dan faktor yang paling penting dalam menentukan tingkat keberhasilan artikel tersebut untuk kedepannya. Selalu memilih judul yang menarik dan populer agar bisa mendapatkan respon yang baik.

    Untuk mencari artikel yang banyak dicari melalui Search Engine ataupun Social Media, bisa diketahui melalui Tools gratis yang disediakan oleh Google yaitu Google Trends atau dapat menggunakan yang lainnya.

    2 - Melakukan Penelitian Pada Judul.

    Melakukan penelitian sebelum duduk untuk menulis artikel sangat penting. Sebagai seorang blogger Indonesia, kalian tidak bisa menuliskan informasi palsu dalam postingan blog. Jadi kita harus memastikan artikel yang kita tulis harus sesuai dengan kenyataan.

    Jika sobat memposting artikel tentang tutorial, maka sobat harus melakukan penelitian untuk memeriksa apakah tutorial tersebut berjalan dengan baik/sukses yang akan di berikan kepada pembaca.

    Ada kalanya kita pernah menemui blog yang menulis artikel palsu atau yang sering kita kenal dengan artikel jebmen (jebakan betmen) yang digunakan untuk mendapatkan visitor yang lebih banyak. Itu merupakan contoh tidak baik, apalagi kita sebagai blogger Indonesia, kita tidak pantas untuk menulis artikel rendahan seperti artikel jebmen tersebut. Apa kita senang menunjukkan artikel tersebut kepada anak cucu kita ?

    3 - Melakukan Penelitian Pada Kata Kunci.

    Setelah sobat memilih judul dan telah selesai meneliti, langkah selanjutnya yaitu melakukan riset pada keyword yang akan kita targetkan nantinya. Menggunakan layanan riset keyword gratis yang disediakan oleh Google yaitu Google AdWords.

    Misalnya, jika Anda sedang menulis sebuah artikel tentang Handphone, buka situs Google AdWords dan ketik "Handphone". Setelah selesai pada settingan lain klik Telusuri, sobat akan melihat daftar kata kunci populer dan dapat menambahkan kata kunci tersebut kedalam artikel.

    Selalu memilih kata kunci yang memiliki angka pencarian tinggi dan kompetisi rendah merupakan keyword yang paling efektif. Memilih kata kunci tersebut dapat membantu artikel untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian Search Engine. Ingat, masukkan juga kata kunci target kedalam permalink artikel sobat.

    4 - Internal Link Artikel.

    Setelah menulis artikel, tautan link ke artikel lain yang terkait pada blog sendiri dapat meningkatkan pageviews artikel yang sudah lama. Selain itu melakukan internal link merupakan teknik SEO yang banyak dianjurkan oleh Master SEO.

    Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan internal link :
    • Menautkan link ke artikel lain jangan menggunakan kata "KLIK DISINI" atau "CLICK HERE".
    • Jangan melakukan internal link menggunakan tag Nofollow.
    • Semuanya memiliki batas, sehingga dalam melalukan internal link tidak dianjurkan untuk terlalu banyak.
    • Selalu menautkan artikel yang memiliki topic yang sama..
    5 - Mengkoreksi Hasil Tulisan.

    Kita semua adalah manusia, dan manusia cenderung selalu melakukan kesalahan setiap hari. Dalam menulis artikel kesalahan yang paling umum terjadi dalam ejaan dan tata bahasa.

    Kesalahan pada penulisan kata, dapat membuat pembaca merasa tidak nyaman dan akan menimbulkan kesan bahwa artikel tersebut ditulis secara "Alakadarnya". Kita harus selalu mencoba untuk memahami pembaca dan mencoba untuk mengoptimalkan artikel dengan menggunakan gaya tulisan yang baik.

    Jadi, mengkoreksi hasil tulisan merupakan hal yang paling penting sebelum menerbitkan artikel. Ini tidak hanya membantu dalam menemukan kesalahan tata bahasa dan ejaan tetapi juga membantu dalam mengevaluasi kembali poin yang kita tulis.

    Sampai jumpa, dan sampai bertemu di artikel selanjutnya

    Subjects:

    BLOGGING
  • 1 comment to ''Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Sempurna ?"

    ADD COMMENT
    1. Submit your website or blog now for listing in Google and 300+ search engines!

      Over 200,000 websites indexed!

      SUBMIT NOW with I NEED HITS!

      ReplyDelete